Pendiri STMIK Agamua Wamena
Bpk. Wempi Wetipo., S.H., M.H.


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer Agamua Wamena Papua disingkat (STMIK) Agamua berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 344/E/O/2012 tertanggal 12 Oktober 2012 menyelenggarakan 2 program studi yaitu program studi Teknik Komputer (D-3) dan Manajemen Informatika (S-1) kemudian dalam perjalanannya mengalami perubahan dengan nomor SK:187/KPT/I/2016. Perubahan ini terjadi disebabkan oleh karena kebutuhan mahasiswa untuk menempuh Pendidikan pada jenjang strata satu sangat tinggi sedangkan diploma kurang. Selain itu, perubahan jenjang ini dikarenakan oleh adanya keinginan stakeholder pengguna lulusan adalah sarjana Teknik Komputer.


STMIK Agamua Wamena telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Artinya lembaga ini dinyatakan sebagai lembaga yang Mandiri dalam melaksanakan berbagai macam aktivitas akademik berdasarkan penilaian atas kualitas kurikulum, akademisi, manajerial, fasilitas yang dimiliki dan dukungan lembaga dalam negeri dan luar negeri.


Lembaga pendidikan Tinggi ini bernaung di bawah Yayasan Pengembangan Masyarakat Dani (YPMD). Saat ini, STMIK Agamua Wamena merupakan satu-satunya kampus STMIK di Pegunungan Tengah Papua. STMIK Agamua Wamena sendiri berada di bawah pengawasan Lembaga Layanan DIKTI XIV Papua dan Papua Barat. Dalam pengembangan kampus STMIK Agamua Wamena telah melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai pihak seperti instansi pemerintah, LSM dalam negeri maupun mancanegara.


Tujuan utama kehadiran STMIK Agamua Wamena di Pegunungan Tengah Papua adalah untuk memajukan pendidikan dalam rangka pemerataan pendidikan khususnya pendidikan IT dan ilmu komputer kepada sebagian anak bangsa yang berada di wilayah Pegunungan Tengah Papua yang terdiri dari 16 (Enam belas) Kabupaten. Selain itu, Kehadiran STMIK Agamua Wamena tentu akan membangkitkan semangat anak-anak untuk menekuni Pendidikan IT dengan baik.

Top